Jumat, 03 Mei 2013

The King's Speech


Prince Albert, Duke of York (Colin Firth) sudah menderita kegagapan sejak kecil.  Untungnya dia tidak akan menjadi raja karena kakaknya, Edward, Prince of Wales (Guy Pearce) akan menggantikan ayahnya.  Tapi kakaknya malah jatuh cinta dengan Wallis Simpson (Eve Best) seorang wanita menikah yang juga sudah pernah bercerai.  Hal itu membuat Raja George V (Michael Gambon) khawatir.  Tapi ia juga menganggap 'Bertie' tidak akan pernah menjadi raja yang baik.

Untungnya ia mempunyai istri yang suportif, yaitu Elizabeth, Duchess of York (Helena Bonham Carter).  Akhirnya ia mengajak sang suami untuk berkonsultasi ke seorang terapis dari Australia bernama Lionel Logue (Geoffrey Rush).  Cara Lionel yang informal membuat Bertie merasa kesal dan tidak nyaman.  Walaupun begitu, akhirnya ia dan Lionel berusaha untuk menyingkirkan kegagapan itu.

Hingga George V meninggal.  'David' memang menjadi raja, tapi rasanya cintanya pada Wallis membuatnya menyarahkan tahta raja pada sang adik.  Sebagai raja baru, tugasnya adalah memberikan suara untuk menenangkan rakyatnya.  Apakah ia akan berhasil?

Film ini inspiratif banget dan memang berdasarkan kisah nyata.  Gue nonton film ini berkali-kali gak pernah bosan.  Dan aktingnya Colin Firth brilian banget, gue juga suka cara pengambilan gambar Tom Hooper yang cukup unik.  Film ini mempunyai amanat untuk tidak menyerah.

Film ini tidak hanya sekedar membuat penonton kagum akan perjuangan George VI, tapi juga menyuguhkan sebuah cerita bromance (not gay) yang menghibur dan menyuntuh.  Rush dan Firth jelas mempunyai chemistry yang baik.  Carter, yang selalu sukses berperan tokoh 'freak', juga sukses berperan sebagai tokoh yang normal tapi elegan dan hangat.  Carter dan Firth sendiri juga berhasil membawakan chemistry mereka dengn baik.  Dan anda juga tidak bisa menyepelekan Guy Pearce.  Meski Pearce hanya tampi beberapa menit, aktingnya patut diperhitungkan.

Sayang, menurut gue porsi drama di film ini agak berlebihan.  Tapi tidak terlalu dramatik sampai gue jadi benci film ini.

Oh iya,  film ini mungkin satu-satunya film dimana anda bisa melihat Bellatrix, Dumbledore, dan Pettigrew/Wormtail dalam keadaan damai :p

Overall, film ini keren banget! 9/10

pic cr : winstonchurchill


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar