Jumat, 03 Mei 2013

Resensi The Remains of the Day


Alasan gue nonton film ini tentu saja karena ANTHONY HOPKINS & EMMA THOMPSON.  Film ini diangkat dari novel Kazuo Ishiguro yang berjudul sama.  Pecinta film mana yang gak tahu mereka berdua?  Mereka boleh dibilang aktor & aktris terbaik dari Inggris. 

Mr. Steven (Anthony Hopkins) adalah seorang kepala pelayan di Darlington Hall.  Dia dan ayahnya sudah melayani Lord Darlington (James Fox) sejak lama, bahkan sampai tua pun Mr. Steven tetap setia pada pekerjaannya dan tidak menikah.  Baginya, menjadi seorang pelayan di Darlington Hall adalah kehormatan tersendiri.  Ayahnya juga memilih untuk bekera daripada beristirahat di usia tuanya.

Di Darlington Hall ada seorang perempuan yang kira-kira kedudukannya sama dengan Mr. Steven bernama Ms. Sarah 'Sally' Kenton.  Mereka berdua sama-sama keras kepala, perfeksionis, dan efisien.  Tapi Ms. Kenton mempunyai hati yang lebih hangat dan peka.

Walaupun begitu, mereka berdua saling jatuh cinta.  Ms. Kenton mencoba 'mendobrak' hati Mr. Steven yang dingin, tapi perasaan Mr. Steven tidak terlalu jelas.  Mr. Steven terlalu menjaga keformalan pada mereka.  Hingga akhirnya Ms. Kenton bertemu dengan seorang pria dan memulai hubungan dengannya.  Bahkan waktu ia memberitahu pertunangannya dengan pria itu, Mr. Steven tidak menunjukkan emosi apa-apa dan hanya memberi selamat.  Ms. Kenton sampai menangis karena frustasi, dan Mr. Steven bukannya menghiburnya malah menyuruh bersih-bersih -_-

Lord Darlington mengundang politis-politisi dari berbagai negara untuk membicarakan tentang Nazi.  Padahal ada seorang kongres Amerika yang menentang dia dan menyebutnya seorang amatur.  Dan congressman dari Amerika ini akan menjadi pemilik baru Darlington Hall.  Apa sih yang terjadi dengan Lord Darlington, Ms. Kenton, dan Mr. Steven? Nonton aja ya:p


Hmm....ini film romantis paling tidak romantis.  Sebenarnya film ini masih ada tema romance.  Tapi ini bukan film corny dan passionate di masa perang.  Gue kira film ini akan menjadi film tragis dimana si cewek dan si cowok akan berpisah.  Gue cukup kaget dengan Anthony Hopkins disini, dia beda banget dari The Silence of the Lambs.  Emma Thompson...agak biasa.  Dan suasananya British banget.

Berhubung novel Kazuo Ishiguro yang pernah gue baca baru Never Let Me Go, gue gak bisa membandingkan film ini dengan novelnya. Tapi gue bisa mengenali 'jejak-jejak' Ishiguro.

Nothing much to say, generally, it's a good movie.  Settingnya bagus kok, Darlington Hall di film ini bagus banget.    

Sama seperti Never Let Me Go, gue merasa interaksi Ms. Kenton dan Mr. Steven di film ini kurang passionate untuk gambaran dari dua orang yang sedang jatuh cinta.  Mereka terlalu pasrah akan keadaaan.  Akting Thompson dan Hopkins pun terasa kaku dan kering di film ini.  Gue lebih suka chemistry Hopkins dengan Debra Winger di film Shadowlands.  Dan juga dinamika dan konflik di film ini gak ada efek berarti dan kurang greget.  Semuanya 'ketiup angin'.  Jadi film ini terasa monoton dan berat.

Tapi emang dasar gue, gue suka banget romance dengan akhiran pahit :p

6,5/10

 pic cr : wikipedia
             thebestpictureproject


Tidak ada komentar:

Posting Komentar