Kamis, 15 Agustus 2013

The Quiet Family

Besides, you should be used to weirdness by the way this family behaves! -Mother.

Kalau lo benar-benar pecinta film Korea, tentu nama-nama seperti Choi Min-sik, Song Kang-ho, sampai Kim Ji-woon sudah tidak asing lagi.  Nah, The Quiet Family akan menunjukkan kemampuan mereka sebelum di tahun kejayaan mereka dan tahun kejayaan film Korea, yaitu 2003 (Oldboy, Memories of Murders, A Tale of Two Sisters).  The Quet Family adalah film tahun debut Kim Ji-woon sebagai sutradara pada tahun 1998.  Film ini mendapat beberapa penghargaan dari beberapa festival seperti Fansporto dan Stiges Film Festival.  Cukup banyak orang yang menganggap The Quiet Family adalah salah satu film Korea terbaik.  Keluarga apakah yang akan ditawarkan Kim Ji-woon pada debutnya sebagai sutradara?

The Quiet Family menceritakan tentang keluarga yang pindah ke daerah pegunungan dan membangun sebuah penginapan bernama Misty Lodge.  Si keluarga terdiri dari Ayah (Park In-hwan), Ibu (Na Moon-hee), adik si ibu, Paman Chang-koo (Choi Min-sik), dan anak-anak mereka yang sudah dewasa yaitu Young-min (Song Kang-ho), Mi-su  (Lee Sun-yeong) dan Mi-na (Go Ho-kyung).  Karena kurangnya pengalaman mereka dalam mengurus penginapan dan lokasi yang agak terisolasi, keluarga Kang terpaksa menunggu lama hingga tamu pertama mereka muncul.  Ternyata 'keberuntungan' mereka berlanjut ketika tamu pertama mati.


WARNING : MENGANDUNG SPOILER


Waktu gue nonton film ini pertama kali, gue sama sekali gak ngerti kelucuan film ini.  Pokoknya otak gue gak konek dan perasaan gue datar waktu nonton film ini.  Tapi karena gue suka plot shit happens-nya dan akting pemainnya, gue mencoba lagi untuk menikmati film ini.

Baru ketiga kalinya gue nonton, gue bisa ketawa.  Bahkan ngakak-_- Yang bikin gue ngakak waktu mereka lagi ngubur dua orang (pacaran) dan si cowok buka mata dan teriak gitu, wkwk.  Keluarganya pun ikut teriak dan kepala si cowok di pukul pakai cangkul, hahaha.

Gak tahu ini benar atau enggak, tapi gue bisa melihat pengaruh dari film Pulp Fiction.  Kalau ada yang bilang Pulp Fiction adalah black comedy dengan kostum mafia, maka The Quiet Family adalah black comedy dengan kostum horor pembunuhan.  Tidak cuma itu, bisa dilihat secara visual bahwa kedua film ini penuh dengan darah dan memakai plot shit happens.

Hmm...gue mau ngasih perumpaan deh dari horor di film ini.  Ada iklan mie yang bilang mie itu adalah mie terpedas di dunia.  Karena kita penasaran, kita pengen cobain mie itu, tapi juga takut benar-benar kepedasan.  Setelah kita cicipi, rasa pedas mie itu biasa saja.  Nah, seperti itulah rasa horor dalam The Quiet Family.  Kim Ji-woon hanya memasang 'iklan' horor dan memainkan pikiran penonton.  Sinematografi dan atmosfir berbau horor hanya untuk memainkan pikiran penonton.  Did it scare me?  Nope.  Makanya gue bilang kalau itu cuma memainkan pikiran penonton.  Kata horor dalam film ini hanyalah hype agar penonton mengira Kim Ji-woon akan menyajikan film tentang keluarga yang mempunyai rumah berhantu, tamu psikopat, ataupun hal-hal keji, bloody disgusting, dan bizarre.  Tapi itu semua hanyalah dugaan kita.  The Quiet Family menawarkan cerita sederhana tentang rentetan 'keberuntungan' suatu keluarga.  Percayalah, film ini se-simpel itu!


Hal-hal lainnya juga sangat bagus, terutama kemampuan akting pemainnya.  Adegan pembuka dimana Go Ho-kyung mematikan TV dan langsung menatap kamera agak mengingatkan gue pada adegan pembuka Little Miss Sunshine dimana Abigail Breslin berkonsentrasi dengan tontonnya.  Gue gak bisa jelasin seberapa gue suka ekspresi Go.  I'm not a good acting judge, lol.  Gue juga gak bisa jelasin seberapa indahnya *cuih* ekspresi ambigu Go di shot terakhir.  Agak mengingatkan gue sama shot terakhir Oldboy dan Memories of Murders.  Bener deh, agak mirip.  Sangat disayangkan karir Go Ho-kyung tidak sesukses Lee Ae-young (JSA, Lady Vengeance) ataupun Son Ye-jin (A Moment to Remember, The Classic).  Sebenarnya di awal film, tokoh sentralnya si Mi-na (Go Ho-kyung). 

Yah, walaupun gue agak fokus ke Go Ho-kyung, bukan berarti yang lainnya gak bagus.  Park sebagai ayah yang sukses menambah rasa sarkasme film ini, ataupun Moon yang sukses menjadi ibu yang 'protective', ataupun Choi dan Song yang terlihat seperti paket one-two punch disini.  Choi sama Song udah kayak...Robert de Niro dan Jack Nicholson, wkwk.  Akting yang agak lemah justru berasal dari Lee, walaupun gak jelek-jelek banget.  Malah, film ini mempunyai ensemble cast terbaik yang pernah gue tonton!  Gue juga suka soundtrack-nya yang pop dan score-nya yang kadang terdengar menegangkan dan menyeleneh.  Menambah kesatiran film ini.

I can't believe that I saw Choi Min-sik and Song Kang-ho in one movie!  1998 maybe not the strongest year in Korea's film industry, but The Quiet Family is certainly one of the best Korean movie, and horror-comedy movie. 10/10

pic cr :
koreanfilm.co.uk
hancinema.net
tumblr.com

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar