Selasa, 30 Juli 2013

The Conjuring : Ketika The Exorcist bertemu dengan Insidious

Miss me? 

Ssstt...sini deh...mau tahu rahasia gue gak..?  Gue belum pernah nonton The Exorcist loh, wkwk.  Waktu itu sih pengen ditayangin di salah satu channel TV Kabel, tapi begonya ditayangin jam 10an malam dan itu hari Minggu :")  Padahal itu edisi Director's Cut :")  Anyway, gue gak tahu kenapa banyak orang bilang Insidious itu nyeremin.  Kata gue, masih kalah JAUH sama film Thailand yang detik pertama nonton langsung bikin gue stress (?)  Sedangkan Insidious di awal sampe pertengahan sukses bikin gue setengah hidup.  Apalagi setan-setannya cacat abis-___-  Nenek-nenek di akhir film?  Maaf, bahkan Kayako pun masih lebih berkelas daripada lo nek.  Makanya, gue pun langsung meremehkan The Conjuring.  Walaupun takut rugi 35.000, akhirnya gue kepo juga sama film ini.

Kita akan berkenalan dengan Ed (Patrick Wilson) dan Lorraine (Vera Farmiga) Warren, yang bekerja di bidang paranormal.  Pada 1968, mereka menangani sebuah kasus dimana sebuah boneka dicurigai (?) kesurupan oleh anak kecil bernama Annabelle yang meninggal di usia 7.  Ternyata, bonekanya gak kesurupan.  Yah, semacam robot yang pake control remote gitu deh.  Kasus ini pun mereka jadikan (semacam) bahan kuliah untuk orang yang tertarik di bidang paranormal.

Empat tahun kemudian, ada sebuah keluarga yang pindah ke pedesaan.  Keluarga itu beranggotakan Roger Perron (Ron Livingston), si ayah, Carolyn (Lili Taylor), si ibu, dan putri-putri mereka : Andrea (Shanley Caswell), Nancy (Hayley McFarland), Christine (Joey King), Cindy (Mackanzie Foy), dan April (Kyla Deaver).  Dari awal pun sudah terjadi kejadian-kejadian aneh yang mereka abaikan karena mereka mengira itu hanya perasaan mereka.  Namun, pada akhirnya mereka memanggil pasangan Warren saat ketakutan sudah di depan mata mereka.

WARNING : MENGANDUNG SPOILER!


ANJIR.

Gue gak nyangka gue bakalan takut dan stress BANGET nonton film horor dari Hollywood!  Maap ya om James Wan, karena gue telah meremehkan lo!  

Waktu adegan opening-nya sih gue rada skeptis, dan dalam hati gue udah bilang : cuih, klise amat!  Apalagi gue langsung muter mata waktu dengar penonton yang hebohnya lebay pas opening-nya doang.  Well, I was wrong.  It's just the beginning!  Gue inget ada satu adegan yang bikin gue dengan refleks tutup mata pake tangan dan teriak "anjing!"  Kira-kira gue merasakan stress di sekitar pertengahan film.  Disitulah gue tahu kalau James Wan gak main-main membikin film HOROR.  Kalau di Insidious kan setannya masih malu-malu setan (?) dan ngajakin ciluk-ba doang, disini setannya jauh lebih mengerikan (menurut gue pribadi looooh) dan kalau mereka emang perlu hadir, ya mereka hadir.  Kadang-kadang juga mereka hadir di saat penonton lagi lengah, walaupun kadang-kadang juga kehadiran mereka bisa ditebak oleh penonton.  Contoh ya, waktu si Christine teriak-teriak, "There's someone behind you!" penonton udah deg-degan, ternyata James Wan main-main doang karena setannya gak muncul.  Nah, sekarang giliran si Andrea.  Dia lagi ngecek lemari karena ada suara ketukan-ketukan dari dalam lemari, padahal cuma ada dia sama adeknya di kamar.  Waktu dia nengok ke atas...boo... 

Dan atmosfirnya gak sekuat si Christine jadi gue dengan refleks menutup mata :"D

Hayo...tangannya siapa tuh?

Departemen akting di film The Conjuring juga jauh lebih kuat daripada Insidious.  Vera Farmiga kayaknya gak perlu diragukan lagi sejak namanya terkenal lewat Up in the air.  Kemampuan akting Farmiga yang keren banget bisa diimbangi oleh Lili Taylor, Mackenzie Foy, dan Joey King.  Gila, Joey King dan Mackenzie Foy yang masih muda gitu bisa mengeluarkan kemampuan mereka habis-habisan, ckck.  Katakan gue lebay, tapi gue emang beranggapan gitu.  Lili Taylor juga tampil amazing banget, oke, ini memang rada...ehm...bikin tekanan darah naik, tapi adegan kesurupannya sah-sah aja loh dibandingin dengan Sir Anthony Hopkins di The Rite.  Pemain lainnya juga bekerja dengan bagus, tapi emang mereka berempat yang menurut gue pantas dapet credit tambahan.

Setting-nya bagus banget, gue gak tahu sih tahun 1970an kayak gimana, tapi menurut gue pribadi sih set-nya lumayan lah.  Tapi *lagi* karena film ini ber-setting di tahun 1970an, sinematografinya terlalu 'bersih'.  Gimana ya, gue emang kurang suka aja kalau setting-nya jadul, tapi sinematografinya terlalu modern.  Cinematic experience-nya *ceilah* jadi berkurang.  Tapi gue bisa beradaptasi lah.


[SPOILER] Bagian yang menarik sih bagaimana James Wan bisa membuat yang belum nonton film ini percaya kalau the star is Annabelle (the doll)!  Gue emang suka 'penipuan' kayak gitu :D

I've seen scarier and better movies than The Conjuring, but The Conjuring is definitely a satisfactory for horror-enthusiast.  9/10

pic cr :
bloody-disgusting.com
jagatreview.com
guardian.co.uk
theurbandaily.com

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar