Kamis, 08 Mei 2014

My Favorite Song Moments

I know it's kinda random, tapi gue lagi pengen bikin daftar tentang adegan musik favorit gue.  Entah karakternya yang nyanyi atau bukan.  Ini daftar tentang adegan musik, bukan film musikal atau soundtrack.  Anyway, salah satu syarat untuk masuk ke daftar ini: setiap adegan harus menggunakan lagu yang mempunyai lirik, gak cuma instrumen musik.

18. Summer makes Tom's dream comes true


Lagu: You make my dreams come true - Hall & Oates
Film: (500) Days of Summer
Plot: Tom (Joseph Gordon-Levitt) lagi ngefly gara-gara melakukan 'itu' dengan Summer (Zooey Deschanel).

Komentar: Gue rasa in perpaduan Broadway dan rock.  Gue sama sekali gak nyangka adegan dansa dan over-the-top gaya Broadway bisa dicampur dengan musik rock seperti di adegan ini.  Secara keseluruhan, adegan dan lagunya bisa menangkap perasaan orang yang lagi jatuh cinta.  I love the choreography, the birds animation, and the song!

17. You can dance, you can jive!  


Lagu: Dancing Queen - Mamma Mia Cast ver.
Film: Mamma Mia (2008)
Plot: Donna (Meryl Streep) lagi galau karena mantannya muncul lalu dua temannya menghiburnya

Komentar: Seriously, gue gak peduli umur lo berapa, kalau lo gak tahu lagu Dancing Queen, kebudayaan (?) lo dangkal banget.  I know it's kinda racist, tapi gue merasa kehadiran cewek-cewek di adegan ini memberikan pesan untuk cewek-cewek buat pede aja dan have fun!  Girl, you can dress like Voldemort while dancing and jiving confidently!   Adegan ini agak mengingatkan gue dengan lagunya Cyndi Lauper yang berjudul Girls Just Wanna Have Fun.  I really love Meryl Streep's swag!

16. We can be heroes

 
Lagu: Heroes - David Bowie
Film: Perks of Being a Wallflower
Plot: Sam (Emma Watson) dan Patrick (Ezra Miller) memutuskan untuk mengajak Charlie (Logan Lerman) berjalan-jalan dengan truk mereka.

Komentar: Film ini membuat gue jatuh cinta sama David BowieI know it sounds cliche, but David Bowie's heroes (somehow) is the right song for the misfit teenagers and victims of bully.  Sebenarnya lagu Heroes bukanlah lagu yang punya aransemen yang kompleks seperti Bohemian Rhapsody atau lagu yang paling terkenal, tapi gabungkan lagu ini dengan truk dan Logan Lerman, and we'll have a beautiful and epic scene.

15. They are not alone


Lagu: We are not alone - Karla Devito
Film: The Breakfast Club
Plot: The Breakfast Club memutuskan untuk bersantai dan berdansa!

Komentar: This scene is fucking cliche and so...80's.  Tapi mereka benar-benar terlihat bersenang-senang dan gerakan mereka menunjukkan karakter mereka masing-masing.  Adegan ini menunjukkan individualisme dan kebersamaan di waktu yang sama.  Mereka menunjukkan bahwa mereka adalah criminal, princess, atau basket, but at the same time, they dance together.  

14. "Two drifters off to see the world."


Lagu: Moon River - Audrey Hepburn
Film: Breakfast at Tiffany's
Plot: Holly Golightly (Audrey Hepburn) menyanyikan sebuah lagu di dekat jendelanya.

Komentar: Gue suka banget tatapan sayunya Audrey Hepburn.  Hepburn tidak mencoba untuk menyanyikannya dengan nada yang terlalu tinggi, tapi dia menyanyikannya dengan begitu lembut, seakan-akan dia masuk ke dalam suatu fantasi atau memori.  It's like...she whispers to herself, you know what I mean?  Fyi, penulis lagu ini menulis ulang lagu Moon River untuk disesuaikan dengan range vokalnya Hepburn.

13. "It seems like old times."


Lagu: Seems Like Old Times - Diane Keaton
Film: Annie Hall
Plot: 
1. Annie (Diane Keaton) menyanyikan sebuah lagu di bar.
2. Alvy (Woody Allen) mengingat kembali hubungannya dengan Annie dan bertemu lagi dengan Annie

Komentar: I love both the scenes.  Untuk adegan yang pertama, gue suka adegan itu karena tatapan Diane Keaton yang kuat, rambutnya yang acak-acakan, dan gaya bajunya yang cukup berbeda.  Kebanyakan film menggunakan cewek seksi atau feminim di adegan menyanyi seperti di film Blue Velvet, tapi Annie Hall melakukannya dengan simpel.  

Gue suka adegan yang kedua karena lirik lagu ini menekankan kenangan Alvy akan hubungannya dengan Annie.  Secara umum, adegan ini bukan adegan yang bakal bikin penonton nangis, tapi gue tetap merasa bersimpati dengan Alvy dan frustasi atas kegagalan hubungan mereka.  

12. When Jesse was Loved.


Lagu: When She Loved Me - Sarah McLachlan
Film: Toy Story 2
Plot: Jesse (Joan Cusack) menjelaskan mengapa ia tidak suka rencana Woody (Tom Hanks) untuk kembali ke Andy. 

Komentar: Gue gak nangis kok waktu nonton ini, cuma ada orang bego yang motong bawang deket gue.  Lagunya simpel, penyanyinya juga tidak berusaha untuk mencapai not yang benar-benar tinggi seperti lagu My Heart Will Go On atau lagu lain seperti itu.  Tapi hal itu memberikan efek kekosongan & kesepian serta menangkap perasaan Jesse.  Sekarang kita tahu perasaan Jesse when she was loved.  

11. The not-so Quiet Family


Lagu: Ubangi Stomp - Stray Cats
Film: The Quiet Family
Plot: Sebuah keluarga ketimpaan begitu banyak 'kemujuran'.

Komentar: Lagunya punya banyak teriakan disini, makanya gue sempet ngira kalau teriakannya dari filmnya.  Ternyata dari lagunya, haha.  Lagunya yang rada nyeleneh emang cocok banget dengan black comedy yang sangat kental pada adegan ini, haha.  
 
10. It had to be Sally


Lagu: It had to be you - Frank Sinatra
Film: When Harry met Sally 
Plot: Harry (Billy Crystal) sadar akan perasaannya dengan Sally (Meg Ryan) dan memutuskan untuk menyusulnya. 

Komentar: One of the most romantic scene I've ever watched.  Sekarang tiap kali gue dengar lagu It had to be you, gue malah ngebayangin adegan ini, haha.  I think when two people fight for their love (in movies), it's so beautiful and touching.  Terkadang dalam hidup, kita menemukan orang yang spesial dan cuma mereka yang bisa 'melengkapi' kita in a way or another. 


9. Tom is the hero, no need to be saved


Lagu: Hero - Regina Spektor
Film: (500) Days of Summer
Plot: Realita Tom tidak sejalan dengan ekspektasinya.

Komentar: He never ever saw it coming at all.  Bahkan lirik awalnya sudah sesuai dengan ceritanya.  This bitter song just fit with the whole scene and story.  Adegan ini gak sedih, bahkan cenderung lucu, tapi gue selalu merasakan sedikit kepahitan karena adegan ini everybody's story.  Ketika kita sudah mengharapkan sesuatu dari doi, tapi hal itu gak sejalan dengan realita yang kita alami.  It's funny and frustrating at the same time   

8. Ferris meets Twist & Shout


Lagu: Twist & Shout - The Beatles
Film: Ferris Bueller's Day Off
Plot: Di hari 'libur' ini, Ferris (Matthew Broderick) memutuskan untuk mengajak orang-orang berjoget dan menyanyi.

Komentar: Sebelum gue nonton Ferris Bueler, gue gak terlalu suka lagu Twist & Shout.  Tapi adegan ini langsung mengubah pikiran gue!  Keren juga gimana satu adegan bisa mengubah pendapat gue tentang satu lagu, haha.  Just like the dance scene from The Breakfast Club, adegan Twist & Shout 80an banget!  But I really love the choreography and the landscape!  Film ini mengubah lagu rock biasa menjadi dance rock, haha.

7. Party with Queen and Zombies


Lagu: Don't Stop Me Now - Queen
Film: Shaun of the Dead
Plot: Shaun (Simon Pegg) dan teman-temannya berusaha mengusir zombie sambil mendengarkan lagu Don't Stop Me Now.  

Komentar: This scene is freakin' hilarious!!!  Don't Stop Me Now is never the same again for me, lol.

6. "The Hills are Alive with the Sound of Music"


Lagu: The Sound of Music - Julie Andrews
Film: The Sound of Music
Plot: Maria (Julie Andrews) berjalan-jalan di Pegunungan Alpen dan mengagumi alam.

Komentar: I fell in love with this scene instantly after I had watched it.  Gue jadi ingat kalau dulu gue satu-satunya anak SD di kelas yang tahu film ini, haha.  Menurut gue, unsur utama yang membuat film ini begitu iconic dan memorable adalah pemandangan di sekitar Pegunungan Alpen.  Seriously, those picture of Alpen Mountains are damn breathtaking!  Film ini juga yang membuat Pegunungan Alpen tambah terkenal. Adegan dimana Julie Andrews lost her mind dan nari-nari gak jelas mungkin kelihatan cocok atau bagus.  Tapi coba lo bayangin kalau lu lihat orang kayak gitu di kehidupan nyata...
 

5. Don't Rain on Streisand's Parade


Lagu: Don't Rain on My Parade - Barbra Streisand
Film: Funny Girl
Plot: Fanny (Barbra Streisand) mencoba untuk menyusul Nick Arnstein (Omar Sharif).

Komentar: Funny Girl mengenalkan gue pada Yang Mulia Barbra Streisand.  Gue langsung terpukau dengan akting dan kemampuan vokal Barbra Streisand ketika gue menonton film pas SD.  Passion, firmness and confidence mewarnai lagu ini.  Akibatnya Don't Rain on my Parade berhasil menekankan Fanny's infatuation kepada Nick.  I don't know about you, but I think this scene has some...swag aspect, I guess? 

4. Time of (Their) Life


Lagu: (I've had) The Time of my Life - Bill Medley & Jennifer Warnes
Film: Dirty Dancing
Plot: Johnny (Patrick Swayze) dan Baby (Jennifer Grey) memutuskan untuk berdansa bersama.

Komentar: Pengetahuan lo tentang pop culture perlu dipertanyakan kalau lo gak tahu adegan dan lagu di film ini.  This scene is almost perfect.  I love the catchy song, the chemistry between Swayze and Grey, and some sensuality in the dance.  But most of all, gue senang bagaimana Swayze dan Grey berusaha untuk benar-benar terlihat menikmati adegan dansanya.  Karena gak mudah untuk mengafal langkah dansa, berakting, membuat chemistry dengan pasangan lo, DAN terlihat menikmati itu semua.  Adegan ini menyadarkan gue kalau adegan yang terlihat mudah dan natural sebenarnya tidak melalui proses yang mudah dan 'natural'.

3. "Circle of Life."


Lagu: Circle of Life - Carmen Twillie
Film: The Lion King
Plot: Seluruh 'rakyat' datang ke istana dan menyambut calon raja baru Pride Rock.

Komentar: I love the song, especially the choir in the background.  Liriknya juga indah sekali dan menjelaskan lingkaran kehidupan dengan cukup puitis.  Gambar-gambarnya cantik sekali, gue suka banget adegan dimana matahari terbit lalu semua hewan pergi ke Pride Rock.  Kearifan Mufasa dan Rafiki terlihat sekali disini.  Adegan dimana Simba 'dibaptis' is so damn epic but realistic at the same time.  Why?  Karena bahasa tubuh dan ekspresi Simba memperlihatkan kecanggungan dan ketidaknyamanan.  Overall, this scene is so beautiful and emotional for me.  Adegan ini menyentuh perasaan dan hati gue tanpa menggunakan dialog, how great is that?  Sejauh ini hanya dua film Disney yang berhasil melakukan itu, yaitu The Lion King dan Up.

2. Alex's Singing in the R(ape)




Lagu: Singing in the Rain - Malcolm McDowell
Film: A Clockwork Orange
Plot: Alex (Malcolm McDowell) dan gangnya memutuskan untuk menyerang sebuah rumah dan memperkosa seorang wanita.

Komentar: Kubrick meminta McDowell untuk berimprovisasi dengan cara menyanyi pada adegan ini.  McDowell menyanyikan lagu Singing in the Rain karena lagu itu merupakan satu-satunya lagu yang ia hafal.  Adegan ini menekankan kesadisan Alex dengan cara memperlihatkan betapa mudahnya ia memperkosa seorang wanita sambil menyanyikan lagu dengan lirik yang cukup polos.  Which also means, Alex enjoys how he dominates his victim.  I watch the original clip of "Singing in the Rain" from the original movie, and I still can't imagine how the f*ck McDowell chose this song for a violent scene...

1. "In dreams"


Lagu: In Dreams - Roy Orbinson
Film: Blue Velvet
Plot: 
1. Ben (Dean Stockwell) melakukan lipsync lagu In Dreams untuk Frank (Dennis Hopper).
2. Frank memutuskan untuk memberikan Jeffrey (Kyle MacLachlan) sebuah 'pelajaran' di depan Dorothy (Isabella Rossellini).

Komentar: This scene is eyegasm.  Pada adegan pertama, gue suka banget sudut pengambilan gambar, efek warna pada setting tempat, serta make-up Dean Stockwell yang nyentrik banget.  Kudos for Stockwell, his acting was so great in this scene! 

Pada adegan kedua, gue suka banget lipstick pada bibir Frank Hopper dan Kyle MacLachlan.  It's so...surreal.  Belum lagi tangisan Isabella Rossellini dan bencong yang joget-joget gak jelas diatas mobil.  Everything just matches and on place.   

Gue gak tahu apa yang David Lynch coba sampaikan di dua adegan tersebut, tapi In Dreams memang memberikan efek surealis lebih pada dua adegan diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar